Update Artikel Blog Tidak Harus Tiap Hari !

February 12, 2018
Update Artikel Blog Tidak Harus Tiap Hari !

Update artikel yang baik dan efisien ? pertanyaan ini mungkin ada disetiap benak para Sobat Blogger. Apakah harus setiap hari Update artikel di blog?  Update artikel baru yang menarik dan informativ selayaknya dilakukan oleh seorang blogger  agar dapat selalu memantau blognya agar tidak kehilangan pembaca, dan tentu bagi pemula atau blogger pro menginginkan trafik Blog agar berjalan stabil atau bahkan merangkak naik.

Bagaimana dengan Algoritma baru RankBrain  ? Penjelasannya ada setelah Anda selesai membaca artikel ini

Apakah menulis Blog harus setiap hari ?

Pertanyaan ini memiliki banyak sisi atau segi pandang, jika memandang dari sisi mesin pencari bisa di bilang BAIK juga bisa dibilang BURUK. Lho kok bisa begitu….?

Kita kembali pada sisi konten yang kita buat, konten haruslah menarik dan informative bagi pengunjung Blog, jika Anda membuat konten yang kurang menarik dan tidak informatif tentu pembaca akan dengan sendirinya menjauhi situs yang sedang Anda kelola.

Membuat artikel butuh waktu,materi artikel, analisa dll sehingga jika ada pertanyaan dari para 
Sobat Blogger Anda mampu menjawab pertanyaan atau solusi para pembaca setia Anda, itu yang menjadi harapan pembaca. Karena pengunjung Blog tidak hanya sekedar membaca artikel, namun butuh penjelasan serta solusi jika mereka menemui permasalahan terkait artikel yang Anda buat.

Jika Sobat setiap hari membuat artikel atau konten yang kurang menarik dan informatif ( hasil copas misalnya ) tentu Mesin Pencari akan secara otomatis tidak menempatkan artikel Anda diposisi teratas.

Terlalu sering menerbitkan konten juga akan membuat kualitas konten anda menjadi lebih buruk, karena untuk menulis sebuah artikel memerlukan beberapa referensi dan penelitian jika anda ingin memberikan sesuatu yang lebih menarik dan bermanfaat untuk pembaca.

Sekali saja pengikut anda membaca konten yang kurang baik atau menarik dari blog anda, salah satu dari pembaca setia Blog Anda pasti akan berhenti mengikuti anda selamanya.

Jadi membuat artikel atau UPDATE ARTIKEL setiap hari tidak bisa diterjemahkan secara mentah tanpa memperhatikan sisi kwalitas konten atau artikel yang kita buat. Kwalitas konten atau artikel tetap menjadi prioritas utama !!!

Bagaimana jika Anda jarang update artikel di blog ?

Kita berharap Blog yang kita kelola memiliki pengikut yang banyak. Dan pengikut Blog itu sediri bergantung dari kwalitas artikel yang Anda buat. Pengikut blog tidak akan menemukan nilai apa apa jika Anda sendiri jarang menulis atikel buat pengikut Blog Anda.

Nah kembali lagi…..Mereka mengikuti Blog Anda karena kwalitas konten ! perlu digaris bawahi sekali lagi kwalitas konten atau artikel adalah prioritas utamanya. Dengan anda jarang update artikel di blog, tentu mereka tidak akan menemukan nilai lebih dari Blog Anda lalu pergi meninggalkan Blog yang sedang anda kelola.

Tidaklah baik jika Anda harus vacum berbulan bulan tanpa artikel menarik dan jangan jangan ketika Anda memposting sebuah artikel menarik buat mereka ( para pembaca Blog Anda ) mereka malah sudah pergi jauh meninggalkan Blog Anda. Dan akan lebih sulit lagi jika mereka sudah tidak lagi mengikuti Blog Anda karena para pengikut Blog Anda tak lagi menemukan artikel menarik yang biasa mereka temukan .

Setidaknya Anda tak terlalu lama vakum dan membiarkan Blog Anda tanpa artikel menarik, dan tidak semestinya update artikel setiap hari tanpa kwalitas.

Algoritma baru RankBrain menjelaskan bahwa signal sosial amat berpengaruh untuk menentukan peringkat suatu blog.

Jika anda mempunyai anggapan bahwa semakin sering kita menulis artikel maka semakin baik pula peringkat blog tersebut. Menurut Algoritma baru RankBrain akan menjadi opini yang salah karena algoritma baru RankBrain menjelaskan bahwa signal sosial sangatlah berpengaruh untuk menentukan peringkat suatu blog.

Signal sosial yang dimaksud disini adalah nilai bounce rate yang rendah dan mempunyai banyak share ke sosial media.

Sebaliknya dengan terlalu lama vakum menulis artikel pun akan berdampak kurang baik karena bisa merusak keberadaan Blog anda di mata mesin pencarian seperti Google. Blog yang statis,diam  atau vakum dan tidak mempunyai konten yang segar,update atau menarik akan dianggap mati oleh google dan dampaknya akan menurunnya peringkat kata kunci artikel yang sebelumnya berada dipuncak halaman pertama Google.

Frekuensi update atau penerbitan artikel blog sepenuhnya bergantung kepada niche

Frekuensi update atau penerbitan artikel blog sepenuhnya bergantung kepada niche apa yang pengelola Blog  pilih. Misalnya jika anda mengelola sebuah Blog BERITA TERKINI maka semestinya Anda menerbitkan konten sehari sekali. Tapi jika anda mempunyai blog dengan niche lainnya ( selain di atas ), maka frekuensi yang ideal untuk menerbitkan artikel paling tidak 1 sampai 3 kali dalam seminggu.

Sebuah artikel tergantung dari materi apa yang sedang anda tulis, semakin sempurna pembahasan yang anda tulis maka anda membutuhkan waktu lebih lama untuk menerbitkan artikel di blog.

Artikel yang anda sajikan haruslah benar-benar informatif dan menarik untuk meningkatkan minat pembaca menelusuri lebih jauh lagi isi blog Anda. Semakin banyak kata yang kita tulis, berarti semakin banyak pula kata kunci yang tersebar di seluruhan artikel. Ini merupakan teknik SEO on page yang umum diterapkan agar artikel kita mampu bersaing dengan artikel yang membidik sasaran dengan kata kunci yang sama. Tidak hanya itu saja ada banyak faktor yang di gunakan google untuk menentukan peringkat suatu artikel. Termasuk di dalamnya seo on page dan seo off page.

Demikian informasi terkini yang sebenernya terkait dengan Algoritma baru RankBrain mengenai seberapa idealnya sih ..update artikel di blog. Dan informasi ini semoga bermanfaat bagi Sobat Blogger semuanya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
1 Komentar
avatar

Terima kasih informasi algoritmanya, dapat info dari g+ dan menambah wawasan saya.

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini